Re-post: Quantum of Solace (2008)

source
Cast: Daniel Craig, Olga Kurylenko, Gemma Anterton
Genre: action

Menonton film ini benar-benar harus siap untuk melihat aksi baku hantam Agen 007 alias Daniel Craig yang begitu nyata dan cukup menegangkan. Quantum of Solace (QoS) memang menyajikan adegan kekerasan yang cukup tinggi. Pada intronya saja film ini sudah membabi buta dengan adegan pengejaran mobil di tebing yang menegangkan sebelum akhirnya menyajikan opening title dengan visualisasi yang cukup keren (permainan siluet lekuk tubuh wanita berlapis pasir ibarat gurun yang merupakan setting inti film) yang diiringi suara khas Alicia Keys dan Jack White menyanyikan sountrack film, Another Way to Die.
Sepanjang film, QoS memang tidak terlalu fokus pada cerita namun lebih ke adegan aksi. Bagi yang belum menonton Casino Royale (CR) bisa jadi akan banyak bertanya kok begini begitu karena memang QoS sendiri mengabil setting beberapa jam setelah ending CR. James Bond yang masih cukup berduka kehilangan Vesper-walau mati-matian menyangkalnya-harus mencari dalang utama kasus CR yang lalu dan beraksi menghadapi para antek penjahat sebelum menemukan kenyataan yang cukup mengejutkan. Misi pribadi Agen 007 kali ini terkamuflase dengan cukup rapi sampai akhirnya M terpaksa harus mengingatkan agen nekat yang satu ini bahwa misi utamanya adalah mwngungkap keberadaan organisasi jahat yang mengancam kehidupan manusia.

Bagaimanapun juga QoS akan selalu dibandingkan dengan CR karena merupakan sekuelnya. Untuk urusan soundtrack dan opening title menurutku lebih bagus dan nendang milik CR. Begitu juga keberadaan Bond Girls dari CR yang masih menyisakan karakter kuat Vespser (Eva Green) yang belum hilang dan belum tergantikan oleh akting Olga Kurylenko sebagai Camille yang menurutku kurang mantap. Pandangan matanya belum ”bicara” tentang dendam masa lalu. Sedangkan Agen Fields (Gemma Anterton) yang muncul beberapa saat dan berakhir cukup tragis hanya meninggalkan kesan posh girl saja tanpa menampilkan aksi apapun.

So far QoS sukses menjadi film aksi dengan gambar-gambar keren yang tergambar dengan jelas saat adegan aksi ditampilkan secara berselang seling dengan adegan suasana lain yang menambah ketegangan adegan tersebut. Para penggemar James Bond ala Daniel Craig wajib menonton QoS karena Agen 007 yang ini lebih nyata dan memang manusia biasa yang kebetulan terpilih menjadi agen rahasia Inggris.

3/5 untuk aksi laga Daniel Craig sebagai James Bond pasca kematian Vesper

(re-post from Multiply 16 November 2008)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Magic of Ordinary Days (2005)