Re-post: Laskar Pelangi (2008)

source
Cast:
Genre: drama keluarga

“Bermimpilah, karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi itu.” - Arai


Siapa yang tidak kenal Laskar Pelangi (LP)? Film nasional yang tidak ada matinya ini aku tonton untuk kedua kalinya di VCD setelah pada bulan puasa lalu aku, adikku, dan seorang teman menontonnya di jatah waktu tarawih :-P. Menemukan VCD-nya pun secara tak sengaja, saat aku iseng mampir ke Goro Assalam yang sedang menyelenggarakan pameran buku. Di salah satu stan digelar beberapa VCD yang bernafaskan islam dan pendidikan. Mengingat bapak dan ibuku belum menonton film fenomenal tersebut, kuputuskan untuk membelinya, lagipula harganya juga masih terjangkau.

Walau VCD original LP gambarnya jelas dan terang, namun masih pecah di beberapa adegan. Maklum sudha terbiasa menonton DVD sehingga sekarang suka protes-protes sedikit kalau menonton VCD yang memang kualitasnya tidak bisa saling dibandingkan.
Sepanjang menonton LP tak henti-hentinya bapak dan ibu ikut tertawa dan terharu melihat tingkah Ikal dan kawan-kawan. Mulai dari keisengan Mahar memakaikan buah kolang-kaling mudah bergetah yang membuat gatal, kecintaan Ikal pada kuku A Ling, hingga ketidakmujuran Lintang yang tak mampu menamatkan SD karena kondisi keluarganya.

Saat tiba surat perpisahan dari Lintang yang dibaca Ibu Muslimah, aku sengaja masuk kamar untuk menghindari menyaksikan adegan memilukan perpisahan Lintang dengan teman-teman. Jujur saja di bioskop dulu aku bisa bersusah payah menahan air mata haru, namun aku tidak menjamin bisa melakukan hal yang sama kalau menontonny lagi di rumah.

Menonton kembali LP atau bahkan mengoleksi VCD atau DVD-nya? Mengapa tidak? Sebuah film nasional bermutu seperti LP masih jarnag ditemukan sehingga sangatlah pantas kalau kita mendukung perkembangan industri film Indonesia itu sendiri. Sasaranku berikutnya adalah mencari album soundtracknya yang bagus-bagus itu, he he he

4,5/5 untuk pesan motivasi belajar dan cerita khas anak-anak dan gambar-gambar indah yang disajikan di sepanjang film ini :)

(re-post from Multiply 11 Maret 2009)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Magic of Ordinary Days (2005)