American Horror Story Season 1

Main cast: Dylan McDemott, Connie Britton, Evan Peters, Taissa Farmiga, Denis O'Hare, Jessica Lange
Reguler guest star: Kate Mara, Zachary Quinto, Teddy Sears
Genre: horor, drama, misteri

Setelah menyimpan serial ini cukup lama di timbunan hard disk laptop, akhirnya hari Sabtu (11/8) lalu aku menyempatkan diri menonton secara marathon film serial sebanyak 12 episode ini. Salah satu alasan utama aku menunda menonton serial ini tidak lain karena genre horor yang dibawanya sehingga tentu saja aku menunda menontonnya waktu malam hari :D

The Writer
Serial yang tayang dari 5 Oktober-21 Desember 2011 ini ditulis oleh Ryan Murphy dan Brad Falchuk yang terkenal dengan serial sukses Nip/Tuck dan Glee.


The Story
The Haunted House
Cerita diawali dengan kepindahan keluarga Harmon dari Boston ke Los Angles ke sebuah rumah besar bergaya Tudor yang sudah diimpikan keluarga tersebut sejak dulu. Kepindahan mereka ke rumah tersebut yang awalnya untuk membuka lembaran baru setelah Vivien mengalami keguguran dan Ben berselingkuh. Sementara itu puteri mereka, Violet yang terlihat easy going ternyata memendam masalah pribadi yang tidak dia ungkapkan bahkan kepada ayahnya yang seorang psikiater.

Keluarga Harmon tidak menyadari bahwa tempat tinggal mereka yang baru itu dihantui oleh para penghuni lama yang meninggal di rumah tersebut sejak generasi pertama. Seluruh bagian rumah tersebut berhantu, namun yang sangat angker adalah bagian basement-nya yang berulang kali menjadi lokasi pembunuhan para penghuni sebelumnya.

 source
Kedatangan keluarga Harmon di rumah baru disambut dengan kemunculan orang-orang dari lingkungan sekitar rumah, seperti Moira O'Hara yang mengaku sebagai pengurus rumah tangga setia di rumah tersebut sejak lama sehingga Vivien merekrutnya kembali, Addie Langdon, gadis penderita down syndrome yang suka menyelinap masuk ke rumah keluarga Harmon, dan Constance Langdon,  ibu Addie yang secara emosi terlihat tidak stabil dan suka mengambil pernik-pernik di rumah orang lain. Kemunculan Larry Harvey, seorang pria dengan wajah separuh terbakar yang memberitahu Ben tentang betapa berbahayanya rumah yang dia tinggali bersamaan dengan kehadiran kembali Hayden McClaine, mahasiswi Ben yang menjadi partner selingkuhnya ke rumah tersebut.


Selain mereka, terdapat juga beberapa orang pasien Ben yang sering berkunjung seperti Tate, yang akhirnya berkenalan dengan Violet, menjadi dekat dengan gadis tersebut dan akhirnya menjadi pacarnya setelah mereka berdua sering menghabiskan waktu bersama dan saling berbagi keluh kesah yang mereka rasakan. Violet sendiri bermasalah dengan teman-teman sekolahnya dan sempat terlibat perkelahian dengan seorang siswi yang nantinya malah menjadi dekat dengannya.

Jalinan cerita yang disajikan dari episode 1-12 di season 1 ini mengungkapkan apa yang selama ini terjadi di rumah keluarga Harmon dengan kemunculan para arwah penghuni rumah di masa lalu. Ketegangan sejak awal episode perlahan tapi pasti mengalami puncaknya di pertengahan cerita dan berhasil mengalami anti klimaks di akhir season.


The Episode
Untuk season 1, American Horror Story terdiri dari 12 episode:
  1. Pilot 
  2. Home Invasion
  3. Murder House
  4. Halloween (Part 1) 
  5. Halloween (Part 2) 
  6. Piggy Piggy 
  7. Open House 
  8. Rubber Man 
  9.  Spooky Little Girl
  10. Smoldering Children 
  11. Birth 
  12. Afterbirth
Karena kesuksesannya, serial ini akan dilanjutkan ke season 2 yang direncanakan tayang bulan Oktober 2012. Season 2 nantinya akan mengambil setting dan karakter baru. Beberapa pemderan lama seperti Jessica Lange, Evan Peters, dan Zachary Quinto akan kembali bermain di season terbaru tersebut.


Trailler
Movie trailler untuk serial ini mampu menampilkan kekelaman alur cerita dan menarik minat para penonton untuk paling tidak menonton episode pertama di season 1. Check it out!


The Opening Title
Opening title untuk serial ini benar-benar membuat merinding, apalagi jika ditonton secara marathon, alhasil aku lakukan jurus fast forward khusus untuk adegan opening tittle yang mencekam ini. FYI, setiap adegan yang membuat bergidik yang ditampilkan pada opening title ini merupakan rangkaian perkembangan cerita dari awal sampai akhir season 1.


The Awards
  1. Superior Achievement in a Screenplay dari Golden Globe Awards (2011) untuk Jessica Lange 
  2. Outstanding Performance in a Television Series dari Horror Writers Association Bram Stoker Award (2011) untuk Jessica Lange
  3. Best Genre Series dari Satellite Awards (2011)
  4. Outstanding Performance by a Female Actor in a Drama Series dari 18th Screen Actors Guild Awards(2012) untuk Jessica Lange

Why I fall in love with the Series
Jujur, film horor bukan genre favoritku, tapi aku suka film horror-thriller semacam Saw 1 dan Final Destination 1 yang cukup mengumbar darah dan kejutan namun tidak terlalu menyeramkan dengan hantu-hantuan tidak jelas. Ketika tanpa sengaja menemukan link download American Horror Story, aku iseng men-download-nya season penuh untuk kemudian ditonton di kemudian hari.

Kesabaranku men-download dan menunda menonton serial ini berbuah manis, ternyata serial ini keren dan meraih beberapa penghargaan, terutama untuk akting pemeran Constance, Jessica Lange yang memang mendominasi setiap episode di musim tayang pertama ini. Akting para pemain lainnya pun juga memikat. Aku berhasil membenci Hayden, trenyuh dengan penderitaan Vivien, sebal dengan Ben yang berselingkuh, kasihan pada Violet dan Tate yang harus menghadapi kenyataan tentang kondisi mereka yang sebenarnya, Moira yang berhasil mengecoh para lelaki yang mengalami halusinasi saat melihatnya, dan tokoh lain yang masing-masing memiliki persoalan tersendiri. Semua tokoh yang ada layak untuk dicintai, bahkan para tokoh antagonis dan hantu yang muncul di sini.

Cerita yang disajikan serial ini terbilang penuh kejutan dan mampu membuatku bertanya-tanya apa yang sebenarnya sedang terjadi, apa yang membuat arwah-arwah penhuni terdahulu menghantui rumah keluarga Harmon, dan tentu saja aku cukup kesulitan menebak tokoh mana yang hantu dan mana yang manusia karena tidak ada perbedaan yang tampak nyata di antara keduanya.

American Horror Story sangat aku rekomendasikan untuk para penggemar film horor yang menyukai cerita misteri berbalut ketegangan. Aku sendiri sudah tidak sabar untuk menantikan penayangan season 2 serial ini di bulan Oktober 2012 nanti.

The Score
4/5 untuk suasana horor dan misteri rumah keluarga Harmon yang terjaga sepanjang 12 episode di season pertama ini

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Magic of Ordinary Days (2005)