Re-post: Australia (2008)

source

Cast: Nicole Kidman, Hugh Jackman
Genre: drama, romance

Awalnya aku tertarik dengan film ini karena faktor Hugh Jackman berkostum koboi. Konyol banget ya? Tapi memang itulah kenyataannya. Aku selalu tertarik dengan para koboi dan cerita yang bersetting peternakan/ranch, ha ha ha. Faktor lain adalah ringkasan cerita yang dibahas di majalah film dengan mengetengahkan berbagai data pendukung yang semakin membuatku tertarik untuk menontonnya.


Meskipun review yang bermunculan setelah film ini tayang akhir tahun menyatakan bahwa ternyata film yang berseting di masa Perang Dunia II ini kurang memuaskan, bahkan masih jauh jika disandingkan dengan Gone With the Wind, seperti perkiraan awal, namun tetap saja aku nekat menontonnya. Karena faktor Hugh Jackman tadi? ini salah satunya, dan tentu saja untuk membuktikan seberapa kurang memuaskannya Australia.

Film tentang Australia ini cenderung bergenre drama dengan sedikit romance, aksi, dan bumbu komedi di beberapa adegan. Cerita terfokus pasa perjuangan Lady Sarah Ashley (Nicole Kidman) untuk menjalankan peternakan Faraway Down yang meninggal secara misterius. Dia dibantu oleh the Drover (Hugh Jackman berkostum koboi), beberapa orang keturunan Aborigin, termasuk Nullah yang menjadi narator film, seorang koki, dan seorang akuntan pemabuk. Persaingan penjualan ternak memaksa mereka semua menghadapi kelicikan Flethcer dan Mr. Carney. Ending film ini bisa dikatakan bahagia dalam banyak arti.

Yang menjadi masalah adalah durasi film yang panjang untuk sebuah cerita drama simpel terasa berkepanjangan dimana beberapa kali terjadi adegan klimaks yang membuat penonton berpikir film akan segera berakhir namun ternyata tidak. Narasi Nullah yang polos dan bumbu kisah tentang suku Aborigin dan kebudayaan mereka yang terselip di sepanjang film cukup memberi penyegaran, namun beberapa adegan terasa berlebihan dan berkesan fantasi.

Bagi yang pengen tahu aja tentang alam Australia dan akting Nicole dan Hugh Jackman wajib nonton film ini, hitung-hitung hiburan buat mata, hehehe.

3/5 untuk drama romance yang disajikan dan aksi keindahan alam Australia yang keren.
(re-post from Multiply 30 Mei 2009)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Magic of Ordinary Days (2005)